Rabu, 19 Oktober 2016

BAB V

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN
            Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan berjudul “ Penggunaan Strategi Pembelajaran Sort Card” untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi unggah-ungguh basa pelajaran Bahasa Jawa kelas VIII SMP Darussalam 45 Srengat Blitar disimpulkan bahwa:
  1. Penggunaan strategi pembelajaran sort card dengn metode ceramah dan Tanya jawab dapt meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi unggah-ungguh basa.
  2. Penerapan strategi sort card dapat menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan.
  3. Proses belajar mengajar dengan menggunakan strategi pembelajaran sort card membuat siswa tambah bersemangat untuk mengikuti pelajaran Bahasa Jawa.
  4. Penerapan strategi pembelajaran sort card mendapat tanggapan atau respon yang positif dari siswa, dan siswa berharap agar guru selalu menggunakan berbagai strategi dalam pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru.

B. SARAN
            Saran yang disimpulkan melalui penulisan ini adalah:

  1. Kepada para guru Bahasa Jawa selalu menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran agar proses belajar mengajar bisa menyenangkan, tidak membosankan dan materi mudah dipahami oleh siswa.
  2. Kepada semua guru hendaknya selalu membuat inovasi dalam pembelajaran agar mutu pendidikan di SMP Darussalam 45 Srengat Blitar semakin meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar