Selasa, 25 Oktober 2016

RPP

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik 

Standar Kompetensi :
1.   IPS         :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati   dalam kemajemukan keluarga.
2.   IPA                :  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.   PKN       :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Kompetensi Dasar  :
        1. IPS  :
·       Menceritaan pengalaman

      2. IPA :
·       Membiasakan hidup sehat.

3.  PKN :
·       Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
I.      Tujuan Pembelajaran**  :
·       Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman.
·       Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh.
·       Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·       Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
·       Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.    Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·       Peristiwa masa kecil
·       Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·       Hidup rukun dalam perbedaan.
·       Ceramah
·       Diskusi.
·       Tanya jawab.
·       Demontrasi.
·       Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.    Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·       Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·       Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·       Mengumpulkan tugas/ PR

B.    Kegiatan inti   :
    Minggu I
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat anggota tubuh agar tetap bersih dan sehat.
F Menjelaskan alasan mencuci tangan, dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan menjadi kotor.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada  di Indonesia.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
F Menyebutkan 5 suku terbesar yang diketahui siswa

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpula

Minggu  ke 2
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memeriksa kuku temannya, menganjurkan pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui contoh dan pengalaman siswa, dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari tiap suku bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
F Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
F Melalui diskusi sederhana yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
F Mengerjakan LKS tentang  nama teman yang berbeda suku.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 3
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui demontrasi dengan benda konkrit siswa dapat menemukan 0 sebagai  hasil pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi sederhana, siswa dapat menyebutkan keuntungan berolah raga.
F Menyebutkan jenis olah raga yang bisa dilakukan oleh siswa.
F Menyebutkan kerugian bila tidak berolah raga.
F Melalui kemampuan membaca dan latihan, siswa dapat melafalkan semboyan bhineka tunggal ika.
F Melalui pencarian informasi siswa dapat menyebutkan arti dari semboyan bhineka tunggal ika.
F Mengambil kesimpulan dari semboyan bhineka tunggal ika, bahwa walau indonesia berbeda suku, adat istiadat, bahasa, namun tetap satu negara kesatuan Indonesia, tetap bahasa pemersatunya bahasa Indonesia, dan satu tanah air yaitu Indonesia.

C.    Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
·       Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·       Alat Peraga  :
F Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
F Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
F rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
F Sampel air bersih dan tidak bersih.

VI.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.   IPS :
· Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
· Menceritakan tentang teman  main di rumah.
· Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan

2.   IPA:
· Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
· Menjelaskan keuntungan  memotong kuku yang panjang .
· Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
· teratur agar tubuh sehat dan kuat.
· Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )

3.   PKN :
· Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
· Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
· Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.

·  

Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.   IPS :
· Sebutkanlah nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
· Ceritakanlah tentang teman  main di rumah.
· Ceritakanlah peristiwa masa kecil yang paling berkesan

2.   IPA:
· Jelaskanlah keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
· Jelaskanlah keuntungan  memotong kuku yang panjang .
· Jelaskanlah keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
· Jelaskanlah cara agar tubuh sehat dan kuat.
· Sebutkanlah  contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )

3.   PKN :
· Sebutkanlah  5 suku yang terbesar di Indonesia.
· Bedakanlah  ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
· Jelaskanlah arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.

·  

I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.











  CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar