Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta
sikap saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara perawatannya.
3. PKN :
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
Kompetensi Dasar :
1.
IPS :
·
Menceritaan pengalaman
2. IPA :
·
Membiasakan hidup sehat.
3. PKN :
·
Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku
bangsa
I. Tujuan
Pembelajaran** :
·
Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil
berdasarkan pengalaman.
·
Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat
kebersihan tubuh.
·
Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di
Indonesia.
·
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa (
bahasa, adat istiadat, budayanya).
·
Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation
)
Toleransi ( Tolerance
)
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery
)
II. Materi Ajar
( Materi Pokok ) :
·
Peristiwa masa kecil
·
Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat dan kuat.
·
Hidup rukun dalam perbedaan.
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah
pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/
Motivasi :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis,
membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan
inti
:
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru
dan pengalaman, siswa dapat menjelaskan keuntungan merawat anggota tubuh agar
tetap bersih dan sehat.
F Menjelaskan alasan mencuci tangan,
dan menjelaskan keuntungan mencuci tangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memeragakan mencuci
tangan sebelum dan sesudah makan atau sesudah melakukan kegiatan yang
menyebabkan tangan menjadi kotor.
F Melalui penjelasan guru,
siswa dapat menceritakan nama suku bangsa yang ada di Indonesia.
F Melalui diskusi dan tanya
jawab siswa dapat mengelompokkan suku bangsa yang terbesar
F Menyebutkan 5 suku
terbesar yang diketahui siswa
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpula
Minggu
ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memeriksa kuku temannya,
menganjurkan pemotongan kuku bagi yang berkuku panjang.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui contoh dan
pengalaman siswa, dapat menjelaskan hal-hal yang membedakan sebagai ciri dari
tiap suku bangsa.( bahasa, adat istiadat, kebiasaan, makanan,dll)
F Melalui pengamatan siswa
dapat menyebutkan keuntungan menggunting kuku.
F Melalui diskusi sederhana
yang dipandu guru, siswa dapat menyebutkan akibat bila kuku panjang.
F Mengerjakan LKS
tentang nama teman yang berbeda suku.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu
ke 3
Pertemuan pertama : 3 x
35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui demontrasi dengan benda konkrit
siswa dapat menemukan 0 sebagai hasil
pengurangan bilangan dengan bilangan itu sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi
sederhana, siswa dapat menyebutkan keuntungan berolah raga.
F Menyebutkan jenis olah
raga yang bisa dilakukan oleh siswa.
F Menyebutkan kerugian bila
tidak berolah raga.
F Melalui kemampuan membaca
dan latihan, siswa dapat melafalkan semboyan bhineka tunggal ika.
F Melalui pencarian
informasi siswa dapat menyebutkan arti dari semboyan bhineka tunggal ika.
F Mengambil kesimpulan dari
semboyan bhineka tunggal ika, bahwa walau indonesia berbeda suku, adat
istiadat, bahasa, namun tetap satu negara kesatuan Indonesia, tetap bahasa
pemersatunya bahasa Indonesia, dan satu tanah air yaitu Indonesia.
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari
tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD
kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika
SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia
dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil
dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1,
Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
·
Alat Peraga :
F Gambar makanan sehat dan makanan
tidak sehat..
F Gambar keluarga dari
majalah / foto keluarga.
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Manik-manik, kelereng,
batu-batuan, kerang.
F rebana, suling, botol,
gelas ( sumber bunyi buatan )
F Sampel air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
1. IPS :
· Menyebutkan nama guru
TK dan nama beberapa teman sekelas.
· Menceritakan tentang
teman main di rumah.
· Menceritakan peristiwa
masa kecil yang paling berkesan
2. IPA:
· Menjelaskan keuntungan
mencuci tangan sebelum makan.
· Menjelaskan
keuntungan memotong kuku yang panjang
.
· Menjelaskan keuntungan
melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
· teratur agar tubuh
sehat dan kuat.
· Memberikan contoh
kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah
raga beristirahat dan tidur )
3. PKN :
· Menyebutkan 5 suku yang
terbesar di Indonesia.
· Membedakan ciri-ciri
suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
· Menjelaskan arti dari
semboyan Bhinka Tunggal Ika.
·
|
Tes lisan Tes tertulis
|
Uraian
isian
|
1. IPS :
· Sebutkanlah nama guru
TK dan nama beberapa teman sekelas.
· Ceritakanlah tentang
teman main di rumah.
· Ceritakanlah peristiwa
masa kecil yang paling berkesan
2. IPA:
· Jelaskanlah keuntungan
mencuci tangan sebelum makan.
· Jelaskanlah
keuntungan memotong kuku yang panjang
.
· Jelaskanlah keuntungan
melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
· Jelaskanlah cara agar
tubuh sehat dan kuat.
· Sebutkanlah contoh kerugian dari tidak menjaga
kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )
3. PKN :
· Sebutkanlah 5 suku yang terbesar di Indonesia.
· Bedakanlah ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa
dan adat istiadat /budayanya.
· Jelaskanlah arti dari
semboyan Bhinka Tunggal Ika.
·
|
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang
kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar