KATA PENGANTAR
Alhamdulillah rasa syukur yang
setinggi-tingginya kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat
atufik dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya
tulis penelitian tindakan kelas ini dangan judul “Penggunaan Strategi
Pembelajaran Sort Card Untuk Meningakatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami
Materi Unggah-Ungguh Basa Pada Pelajaran Bahasa Jawa Kelas VIII SMP Darussakam
45 Srengat Blitar Tahun Pelajaran 2009/2010
Sholawat serta salam tak lupa kami
haturkan kepada Nabi Muhammad SAW,yang telah menuntun kita menuju ke jalan yang
terang benderang dengan ajarannya Agama Islam. Mudah-mudahan kita mendapat
pertolongan Beliau di hari akhir.
Selanjutnya atas tersusunnya karya
tulis penelitian tindakan kelas ini kami sampaikan terima kasih yang
sedalam-dalamnya kepada:
1.
Bapak Prof. Dr. H. Ahmad Fathoni, M.Ag, selaku Ketua
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Diponegoro Tulungagung.
2.
Bapak H. Nurhuda, S.Ag, M.Pd, MM, selaku Dosen
Pembimbing Lapangan
3.
Bapak Drs. H. Suradji, selaku Kepala SMP Darussalan 45
Srengat yang memberikan ijin untuk melakukan penelitian di SMP Darussalam 45.
4.
Segenap Rekan peserta KKPL SMP Darussalam 45 Srengat
yang telah membantu menyelesaikan
penelitian ini.
5.
Siswa-siswi kelas VIII SMP Darussalam 45 Srengat
6.
Semua pihak yang membantu dalam penulisan penelitia yang
telah kami jadikan obyek penelitian tindakan kelas ini. n tindakan kelas ini.
Sepenuhnya penulis menyadari akan
kekurangan dan kesalahan dalam penyusunan penelitian ini, oleh karena itu
kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.
Semoga penulisan penelitian ini
dapat bermanfaat dan dapat dikembangkan dalam penelitian selanjutnya.
Blitar, Januari 2010
Penyusun
SITI
KHALIMAH
NIM:
200880010186
PENGGUNAAN
STRATEGI PEMBELAJARAN SORT CARD UNTUK
MENINGKATKAN
KEMAMPUAN SISWA DALAM MAMAHAMI MATERI
UNGGAH-UNGGUH
BASA PADA PELAJARAN BAHASA JAWA
KELAS
VIII SMP DARUSSALAM 45 SRENGAT BLITAR
TAHUN
PELAJARAN 2009-2010
ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari
kesulitan siswa untuk memahami materi yang disampaikan guru serta siswa kurang
antusias dalam mengikuti pelajaran Bahasa Jawa karena merasa bosan dan tidak
senang terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini disebabkan oleh
kurangnya system pembelajaran yang berfariasi dan guru hanya mangandalkan
metode ceramah saja yang berarti
keaktifan pembelajaran hanya berpusat
pada guru dan siswa hanya obyek belaka.
Berdasarkan uraian diatas, melalui
penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator dalam
pembelajaran, sehingga didalam proses belajar mengajar bukan guru sebagai tokoh
utamanya melainkan bagaimana cara siswa bisa terlibat aktif didalam proses
pembelajaran.
Agar siswa lebih bisa memahami
terhadap materi yang diberikan oleh guru, maka disini penelitimenggunakan
strategi pembelajaran sort card dengan metode ceramah dan Tanya jawab.
Penilitian ini dilakukan pada siswa
kelas VIII SMP Darussalam 45 Srengat Blitar melalui dua siklus. Pada siklus
pertama penyampaian materi diberikan kepada siswa secara garis besarnya saja,
selanjutnya untuk memperjelasnya siswa membaca materi sendiri dan terkhir
penerapan strategi pembelajaran sort cart. Hasil akhir pada pembelajaran
pertama ini8 kurang memuaskan.
Dalam siklus kedua guru mulai
memberikan materi menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab dan selanjutnya
penerapan strategi sort card. Cara ini ternyata membuat siswa lebih bisa
memahami materi, mengikuti proses pembelajaran dengan senang dan tidak
membosankan. Hasil akhir pembelajaran ini ternyata memuaskan.
BAB
I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Salah
satu kompetensi dasar yang harus diajarkan pada pelajaran Bahasa Jawa kelas
VIII SMP Darussalam 45 Srengat Blitar adalah menjelaskan unggah-ungguh basa
dengan benar. Sesuai dengan kompetensi dasar tersebut siswa harus bisa memahami
masalah-masalah yang berkaitan dengan ungah-ungguh basa yang kesemuanya itu
pasti akan ditemui oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Di
dalam pembalajaran Bahasa Jawa seorang guru harus betul-betul mamahami bahwa
setiap peserta didik memiliki perbedaan
minat (interest), kemampuan(ability), kesenangan (preference), penglaman
( experience) dan cara belajar (learning style). Peserta didik tertentu mungkin
lebih mudah belajar dengan cara mendengar dan membaca, Peserta lain dengan cara
melihat dan peserta yang lain lagi dengan cara melakukan langsung (learning by
doing). Oleh karena itu kegiatan pembelajaran, organisasi kelas, materi
pembelajaran, waktu belajar, alat belajar dan cara penilaian perlu disesuaikan
dengan karakteristrik peserta didik.(Depag, 2003 : 4)
Dari
pengamatan terhadap proses pembelajaran dan hasil tes awal menunjukkan bahwa
keragaman siswa sangat mempengaruhi t4rhadap hasil belajar siswa. Untuk itulah
di dalam proses pembelajaran, guru tidak hanya berperan sebagai model atau
teladan bagi siswa yang diajarnya, tetapi juga sebagai pengelola pembelajaran
(Manager of Learning) oleh karenanya keberhasilan suatu proses pembelajaran
sangat ditentukan oleh kwalitas guru atau kemampuan guru, ( Wina Sanjaya, 2006
: 52 ).
Mengingat
keragaman siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajarnya, maka untuk
memberikan materi unggah-ungguh basa ini guru mencoba penerapkan strategi
pembelajaran sort card dengan menggunakan metode caramah dan Tanya jawab.
Harapannya dengan berbagai cara dalam menyampaikan materi pembelajaran menjadi
menyenangkan, tidak membosankan dan mudah dipahami oleh siswa dan bisa
dibuktikan dengan hasil evaluasi yang memuaskan.
B RUMUSAN MASALAH
Dari
latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.
Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran sort
card kemampuan siswa dalam memahami materi unggah-ungguh basa pada pelajaran
Bahasa Jawa meningkat?
2.
Bagaimana cara penggunaan strategi pembalajan sort card
sehingga pembelajaran bisa menyenangkan, tidfak membosankan , dan mudah
dipahami oleh siswa dalam penyampaian materi unggah-ungguh basa?
C RUANG LINGKUP
Ruang
lingkup penelitian tindakankelas ini adalah penggunaan strategi pembelajaran
sort card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi
unggah-ungguh basa pada pelajaran Bahasa Jawa kelas VIII SMP Darussalan 45
Srengat Blitar dengan batas-batas:
1.
Mengacu kepada standar kompetensi yaitu menguasai
unggah-ungguh basa.
2.
Dan hanya dibatasi untuk suatu kompetensi dasar yaitu
menjelaskan unggah-ungguh basa.
D. TUJUAN PENELITAN
1.
Untuk memilih strategi pembelajaran yang sesuai, sehingga penyajian materi
pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa dan tidak membosankan.
2.
Mendapatkan hasil penilain yang sdesuai dengan standar pembelajaran Bahasa Jawa
sehinga apa yang didapatkan siswa bisa maksimal.
3.
Melibatkan siswa dlam proses pembelajaran sehingga dapat betrul-betul bisa
memahami matei yang telah disampaikan oleh guru.
E. MANFAAT PENELITIAN
1.
Dapat dijadikan informasi dalam rangka memilih strategi pembelajaran dan metode
yang sesuai supaya siswa mudah faham, senang menerima materi pelajaran.
2.
Dapat dijadikan rujukan bagi guru dalam melkukan penelitian tindakan kelas
lebih lanjut.
3.Dengan
menggunakan berbagai variasi dalam pembel;jaran membuat siswa lebih mudah
memahami materi yang diberikan oleh guru, belajar menjadi menyenangkan dan
tidak membosankan.
4.
Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar semakinmeningkat dengan berbagai
strategi yang diterapkan oleh guru.
F. HIPOTESA TINDAKAN
Penelitian
ini direncanakan terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Melalui siklus tersebut dapat
diamati hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat dirumuskan hipotesa tindakan
bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran sort card pada materi
unggah-ungguh basa proses belajar siswa menjadi menyenangkan, tidak membosankan
dan pemahaman siswa terhadap materi semakin meningkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar