Selasa, 25 Oktober 2016

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                        Satuan Pendidikan                : SMP Darussalam 45
                        Mata Pelajaran                      : Bahasa Daerah (Jawa)
                        Kelas / Semester                    : VII / I
                        Waktu                                                : 2 x 40 menit

  I. STANDAR KOMPETENSI      :
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.

 II. KOMPETENSI DASAR                       :
3.1 Mengungkapkan isi geguritan dengan cara membaca ekspresif.

III. INDIKATOR                              :
3.1.1 Mampu menentukan jeda dalam kalimat geguritan.
3.1.2 Mampu membaca geguritan dengan lafal, intinasi dan ekspresi secara benar.
3.1.3 Mampu menerangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan.

IV. HASIL BELAJAR                     :
Setelah PBM diharapkan siswa dapat:
1.   menetukan jeda dalam kalimat geguritan.
2.   Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan ekspresi secara benar.
3.   Menerangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan.

 V. MATERI PEMBELAJARAN
            Cara-cara/teknik pembacaan  puisi (geguritan)
1.      Penentuan jeda
2.      Pelafalan
3.      Intonasi
4.      Ekspresi
5.      Cara menerangkan isi dan pesan geguritan

VI. METODE PEMBELAJARAN
1.      Pemodelan
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan

VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.     Kegiatan Awal
a.     Mengkondisikan siswa untuk siap dengan cara guru membacakan sebuah puisi dengan jeda, lafal, intonasi dan eksptresi yang tepat, siswa memberikan tanggapan.
b.    Seluruh siswa mencoba membaca bersama-sama puisi (geguritan) yang dilagukan guru.
c.     Seorang siswa maju di depan kelas membacakan puisi (geguritan)
d.    Siswa membentukk kelompok untuk menerangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan.
e.     Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pembacaan geguritan          dari segi penetuan jeda, pelafalan, intonasi dan ekspresi.
2.      Kegiatan Inti
a.    Siswa memperhatikan dan mencermati pembacan puisi (geguritan) dari guru.
b.   Setiap kelompok menerangkan cara menentukan jeda, pelafalan, intonasi, dan ekspresi dari pembacaan puisi (geguritan) dari wakil kelompok.
c.    Setiap kelompok berdiskusi memberiakn tanggapan isi dan pesan geguritan yang dibacakan wakil kelompok.
d.   Setiap siswa wakil kelompok mempresentsikan cara penentuan jeda, lafal, intonasi dan ekspresi serta hasil tanggapan tentang isi dan pesan geguritan, kelompok lain menanggapi.



3.     Penutup
a.    Siswa dan guru menyimpulkan cara penentuan jeda, pelafalan, intonasi dan ekspresi sert menentukan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan.
b.   Siswa dan guru memetik nilai-nilai dan hikmah kegiatan pembelajaran geguritan.

VIII. SUMBER BELAJAR
1.      Buku Antologi Puisi Jawa (geguritan).
2.      Model Pembacaan Geguritan (guru/VCD).
3.      Kaset rekaman pembacaan gegurtian.
4.      Buku Paket/LKS

 IX. PENILAIAN
 1. Teknik             : Unjuk Kerja
2. B entuk Instrumen      : Tes Identifikasi (praktek di depan kelas).
3. Soal/instrument           :
a. Tentukan jeda, cara pelafalan, intonasi dan ekspresi pembacaan gegurtian “Wong Jawa”.
b. Terangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan “Wong Jawa”!
c. Bacalah geguritan “Wong Jawa” dengan penuh ekspresi!

Rubrik Penilaian:

NO.

ASPEK

DISKRIPTOR
Bobot
2
1
0
1.
Penulisan
Ketepatan menemukan atau mementukan jeda dalam puisi/gegurtian “Wong Jawa” yang dibaca.



2.
Pelafalan
Ketepatan menemukan atau menentukan lafal dalam pembacaan geguritan.



3.
Intonasi
Ketepatan menemukan atau menentukan intonasi dalam pembacaan geguritan.



4.
Ekspresi
Ketepatan berekspresi sesuai isi dan pesan geguritan



5.
Tanggapan isi dan pesan gaguritan
Ketepatan menyimpulkan isi dan pesan geguritan yang telah dibaca.



Keterangan: Kriteria Rubrik:

1. Bobot/Skor              : 2 = tepat dan jelas
                                      1 = tepat atau jelas ( slah satu )
                                      0 = tidak menjawab

2. Rumus                     Nilai Akhir      :           Skor Perolehan            x   100
                                                                        Skor Maksimal

                                    Contoh: 1. 10  x  100  =  100              2. 8  x  100  =  80
   10                                         10

Srengat, 18 Nopember 2009
Guru Pamong                                                                          Guru Praktek


Dra. WIJI WINARMI                                                          SITI KHALIMAH
                                                                                                NIM. 20088001018


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
           
                        Satuan Pendidikan                : SMP Darussalam 45
                        Mata Pelajaran                      : Bahasa Daerah (Jawa)
                        Kelas / Semester                    : VII/ I
                        Waktu                                                : 2 x 40 menit

I.   STANDAR KOMPETENSI
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
II.  KOMPETENSI DASAR
3.2 Menemukan pokok peieran dengan cara membaca cepat minimal 50 kata per menit.
III. INDIKATOR
3.2.1         Mampu membaca cepat minimal 50 kata per menit.
3.2.2         Mampu menghitung jumlah kata yang diperoleh
3.2.3         Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
3.2.4         Mampu menentukan gagasan pokok setiap paragraph.
3.2.5         Mampu menyimpulkan isi wacana
IV.  HASIL BELAJAR
            Setelah PBM diharapkan siswa dapat:
1.      Membaca cepat minmal 50 kat per menit.
2.      menhitung jumlah kata yang diperoleh
3.      Menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
4.      menentukan gagasan pokok setiap paragraph
5.      Minyimpulkan isi bacaan.
V.   MATERI PEMBELAJARAN
            1. Wacana deskripsi tentan “Lingkungan Hidup”
            2. Metode/cara membaca cepat.
            3. Cara menentukan ide pokok paragraph dan isi wacana
VI.  METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan
4.      Diskusi
5.      Kompetisi
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
a.       Mengkondisikan siswa untuk siap membaca cepat.
b.      Mengrahkan siswa untuk menggunakan stop watch / alat pengukur waktu.
c.       Siswa berkelompok.
2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa secara berkelompok membatasi waktu membaca.
b.      Kelompok saling berhadapan yang satu membaca yang lain menghitung kata sesuai batasan waktu.
c.       Masing-masing anggota kelompok menjawab pertanyaan bacaan yang dibuat kelompok lain.
d.      Siswa menentukan gagasan pokok dalam setiap pararaf.
3.      Penutup
a.       Siswa dan guru menyimpulkan isi wacana dan cara membaca cepat.
b.      Siswa dan guru memetik manfaat membaca cepat.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket
2.      Buku Pendukung
3.      LKS
IX.  PENILAIAN
            1. Tehnik                     : Tes tertulis
            2. Bentik Instrumen    : Tese Uraian
            3. Soal/instrument       :
1. Bacalah dalam hati bacaan deskriptif “Lingkungan Hidup” di bawah ini dalam waktu 1 menit.
2. Hitunglah jumlah kata yang kamu peroleh dalam 1 menit untuk membaca bacaaan deskriptif tentang “Lingkungan Hidup”
3. Jawablah 5 pertanyaan bacaan deskriptif tentang “Lingkungan Hidup” ini dengan tepat.
4. Tentukan ide pokok/kalimat inti setiap paragraph.
5. Simpulkan isi wacana dengan menggunakan bahasamu sendiri. 

NO.
ASPEK
DISKRIPTOR
Bobot
2
1
0
1
Kecepatan membaca
Kecepatan membaca dan memahami isi



2
Ketepatan menjawab pertanyaan
Ketepatan menjawab pertanyaan bacaan



3
Ketepatan menarik kesimpulan
Ketepatan menarik kesimpulan




Keterangan: Kriteria Rubrik:

1. Bobot/Skor              : 2 = tepat dan jelas
                                      1 = tepat ataujelas ( salah satu )
                                      0 = tidak menjawab

2. Rumus                     : Nilai Akhir    : Skor Perolehan          x 100
                                                              Skor Maksimal
                                                                                   
Srengat, 25 Nopember 2009
Guru Pamong                                                                          Guru Prektek


Dra. WIJI WINARMI                                                          SITI KHALIMAH
                                                                                                NIM. 200880010186


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                    Satuan Pendidikan    : SMP Darussalam 45
                                    Mata Pelajaran          : Bahasa Daerah (Jawa)
                                    Kelas/semester           : VII / I
                                    Waktu                                    : 2 x 40 menit

 I. STANDAR KOMPETENSI
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
 II. KOMPETENSI DASAR
3.3 Melagukan tembang “Dolanan” sesuai titi larasnya.
III. INDIKATOR
3.1.1 Mampu mendengarkan alunan tembag dolanan     dengan hitmat dan meniti titi larasnya.
3.1.2 Mampu menembangkan tembang dolanan secara bersama-sama, bergiliran dan berkelompok.
3.1.3  Mampu menembangkan tembang dolanan di depan kelas.
3.1.4 Mampu mengungkapkan isi tembang dolanan.
 IV. HASIL BELAJAR
            Setelah PBM diharapkan siswa dapat:
1.      Mendengarkan tembang dolanan dengan hhitmat dan meniti titi larasnya
2.      Menembangkan tembang dolalan secara bersama-sama, bergiliran dan berkelompok.
3.      Menembangkan tembang dolanan di depan kelas.
4.      Mengungkapkan isi tembang dolanan.
  V. MATERI PEMBELAJARAN
            1. Tembang dolanan dengan titi larasnya.
            Contoh tembang dolanan
            - Lir-Ilir                                                           - Mbangun Negara
            - Sluku-sluku Batok                                        - Kate-kate
            - Prau Layar                                                    - dan lain-lain
 VI. METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan.
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
a.       Mengkondisikan siswa untuk siap mendengarkan alunan tembang dolanan dari guru atau kaset.
b.      Siswa meniti laras tembang dolanan yang sedang didengar.
2.      Kegiatan inti
a.       Siswa menembangkan tembang dolanan secara bersama-sama.
b.      Siswa menembangkan tembang dolanan secara bergiliran.
c.       Siswa menembangkan tembang dolanan secara berkelompok di depan kelas.
d.      Siswa menembangkan tembang dolanan di depan kelas.
e.       Siswa menyimpulkan aturan dan isi tembang dolanan.
3.      Penutup
a.       Mempresentasikan hasil simpulan tembang dolanan.
b.      Siswa dan guru menarik manfaat tembang dolanan.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.      Buku Paket
2.      Buku Pendukung
3.      LKS.
 IX. PENILAIAN
            1. Tehnik                     : Unjuk kerja
            2. Bentuk Instrumen   : Identifikasi
            3. Soal / Instrumen      :
                 Tembangkan tembang dolanan Ilir-ilir, Sluku-sluku batok dan Mbangun Negara.

NO
ASPEK
DISKRIPTOR
Bobot
2
1
0
1.
Cakepan tembang dolanan dan titi laras
Ketepatan melagukan tembang dolanan sesuai titi larasnya.



2.
Panembrama/Koor
Ketepaan menembangkan secara bersama-sama/koor tembang dolanan.



3.
Bawa / solo
Ketepatan menembangkan tembang dolanan masing-masing siswa.



4.
Tanggapan isi dan aturan tembang dolanan
Ketepatan menanggapi  isi tembang dolanan dan aturannya.




Keterangan: Kriteria Rubrik:

1. Bobot/skor              : 2 = tepat dan jelas
                                      1 = tepat atau jelas (salah satu )
                                     0 = tidak menjawab

2. Rumus                     Nilai Akhir      : Skor Perolehan          x   100
                                                              Skor Maksimal


Srengat, 9 Desember 2009
Guru Pamong                                                                          Guru Praktek


Dra. WIJI WINARMI                                                          SITI KHALIMAH
                                                                                                NIM. 200880010186                         

                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar