RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP Darussalam 45
Mata
Pelajaran : Bahasa
Daerah (Jawa)
Kelas
/ Semester : VII / I
Waktu :
2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI :
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
II.
KOMPETENSI DASAR :
3.1 Mengungkapkan isi geguritan dengan cara membaca ekspresif.
III. INDIKATOR :
3.1.1 Mampu menentukan jeda dalam kalimat geguritan.
3.1.2 Mampu membaca geguritan dengan lafal, intinasi dan ekspresi secara
benar.
3.1.3 Mampu menerangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan.
IV. HASIL BELAJAR :
Setelah PBM diharapkan siswa dapat:
1.
menetukan jeda dalam kalimat geguritan.
2.
Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan ekspresi
secara benar.
3.
Menerangkan isi dan pesan yang terkandung dalam
geguritan.
V.
MATERI PEMBELAJARAN
Cara-cara/teknik pembacaan puisi (geguritan)
1.
Penentuan jeda
2.
Pelafalan
3.
Intonasi
4.
Ekspresi
5.
Cara menerangkan isi dan pesan geguritan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pemodelan
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a.
Mengkondisikan siswa untuk siap dengan cara guru
membacakan sebuah puisi dengan jeda, lafal, intonasi dan eksptresi yang tepat,
siswa memberikan tanggapan.
b.
Seluruh siswa mencoba membaca bersama-sama puisi (geguritan)
yang dilagukan guru.
c.
Seorang siswa maju di depan kelas membacakan puisi
(geguritan)
d.
Siswa membentukk kelompok untuk menerangkan isi dan
pesan yang terkandung dalam geguritan.
e.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pembacaan
geguritan dari segi penetuan
jeda, pelafalan, intonasi dan ekspresi.
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa memperhatikan dan mencermati pembacan puisi
(geguritan) dari guru.
b.
Setiap kelompok menerangkan cara menentukan jeda,
pelafalan, intonasi, dan ekspresi dari pembacaan puisi (geguritan) dari wakil
kelompok.
c.
Setiap kelompok berdiskusi memberiakn tanggapan isi dan
pesan geguritan yang dibacakan wakil kelompok.
d.
Setiap siswa wakil kelompok mempresentsikan cara
penentuan jeda, lafal, intonasi dan ekspresi serta hasil tanggapan tentang isi
dan pesan geguritan, kelompok lain menanggapi.
3. Penutup
a.
Siswa dan guru menyimpulkan cara penentuan jeda,
pelafalan, intonasi dan ekspresi sert menentukan isi dan pesan yang terkandung
dalam geguritan.
b.
Siswa dan guru memetik nilai-nilai dan hikmah kegiatan
pembelajaran geguritan.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.
Buku Antologi Puisi Jawa (geguritan).
2.
Model Pembacaan Geguritan (guru/VCD).
3.
Kaset rekaman pembacaan gegurtian.
4.
Buku Paket/LKS
IX.
PENILAIAN
1. Teknik : Unjuk Kerja
2. B entuk Instrumen : Tes
Identifikasi (praktek di depan kelas).
3. Soal/instrument :
a. Tentukan jeda, cara pelafalan, intonasi dan
ekspresi pembacaan gegurtian “Wong Jawa”.
b. Terangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan “Wong Jawa”!
c. Bacalah geguritan “Wong Jawa” dengan penuh ekspresi!
Rubrik Penilaian:
NO.
|
ASPEK
|
DISKRIPTOR
|
Bobot
|
||
2
|
1
|
0
|
|||
1.
|
Penulisan
|
Ketepatan
menemukan atau mementukan jeda dalam puisi/gegurtian “Wong Jawa” yang dibaca.
|
|
|
|
2.
|
Pelafalan
|
Ketepatan
menemukan atau menentukan lafal dalam pembacaan geguritan.
|
|
|
|
3.
|
Intonasi
|
Ketepatan
menemukan atau menentukan intonasi dalam pembacaan geguritan.
|
|
|
|
4.
|
Ekspresi
|
Ketepatan
berekspresi sesuai isi dan pesan geguritan
|
|
|
|
5.
|
Tanggapan isi dan pesan
gaguritan
|
Ketepatan
menyimpulkan isi dan pesan geguritan yang telah dibaca.
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria Rubrik:
1. Bobot/Skor : 2 = tepat dan jelas
1 = tepat atau jelas ( slah satu )
0 = tidak menjawab
2. Rumus Nilai Akhir : Skor
Perolehan x 100
Skor
Maksimal
Contoh:
1. 10 x
100 = 100 2.
8 x
100 = 80
10 10
Srengat,
18 Nopember 2009
Guru Pamong Guru
Praktek
Dra. WIJI WINARMI SITI
KHALIMAH
NIM.
20088001018
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP Darussalam 45
Mata
Pelajaran : Bahasa
Daerah (Jawa)
Kelas
/ Semester : VII/ I
Waktu :
2 x 40 menit
I.
STANDAR KOMPETENSI
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
II.
KOMPETENSI DASAR
3.2 Menemukan pokok peieran dengan cara membaca cepat
minimal 50 kata per menit.
III. INDIKATOR
3.2.1
Mampu membaca cepat minimal 50 kata per menit.
3.2.2
Mampu menghitung jumlah kata yang diperoleh
3.2.3
Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
3.2.4
Mampu menentukan gagasan pokok setiap paragraph.
3.2.5
Mampu menyimpulkan isi wacana
IV.
HASIL BELAJAR
Setelah PBM diharapkan siswa dapat:
1.
Membaca cepat minmal 50 kat per menit.
2.
menhitung jumlah kata yang diperoleh
3.
Menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
4.
menentukan gagasan pokok setiap paragraph
5. Minyimpulkan
isi bacaan.
V. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Wacana deskripsi tentan
“Lingkungan Hidup”
2. Metode/cara membaca cepat.
3. Cara menentukan ide pokok
paragraph dan isi wacana
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Diskusi
5.
Kompetisi
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a.
Mengkondisikan siswa untuk siap membaca cepat.
b.
Mengrahkan siswa untuk menggunakan stop watch / alat
pengukur waktu.
c.
Siswa berkelompok.
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa secara berkelompok membatasi waktu membaca.
b.
Kelompok saling berhadapan yang satu membaca yang lain
menghitung kata sesuai batasan waktu.
c.
Masing-masing anggota kelompok menjawab pertanyaan
bacaan yang dibuat kelompok lain.
d.
Siswa menentukan gagasan pokok dalam setiap pararaf.
3. Penutup
a.
Siswa dan guru menyimpulkan isi wacana dan cara membaca
cepat.
b.
Siswa dan guru memetik manfaat membaca cepat.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.
Buku Paket
2.
Buku Pendukung
3.
LKS
IX.
PENILAIAN
1. Tehnik : Tes tertulis
2. Bentik Instrumen : Tese Uraian
3. Soal/instrument :
1. Bacalah dalam hati bacaan deskriptif “Lingkungan Hidup”
di bawah ini dalam waktu 1 menit.
2. Hitunglah jumlah kata yang kamu peroleh dalam 1
menit untuk membaca bacaaan deskriptif tentang “Lingkungan Hidup”
3. Jawablah 5 pertanyaan bacaan deskriptif tentang
“Lingkungan Hidup” ini dengan tepat.
4. Tentukan ide pokok/kalimat inti setiap paragraph.
5. Simpulkan isi wacana dengan menggunakan bahasamu
sendiri.
NO.
|
ASPEK
|
DISKRIPTOR
|
Bobot
|
||
2
|
1
|
0
|
|||
1
|
Kecepatan membaca
|
Kecepatan membaca dan memahami
isi
|
|
|
|
2
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
bacaan
|
|
|
|
3
|
Ketepatan menarik kesimpulan
|
Ketepatan menarik kesimpulan
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria Rubrik:
1. Bobot/Skor : 2 = tepat dan jelas
1 = tepat ataujelas ( salah satu )
0 = tidak menjawab
2. Rumus : Nilai Akhir : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
Srengat, 25 Nopember 2009
Guru Pamong Guru
Prektek
Dra. WIJI WINARMI SITI
KHALIMAH
NIM.
200880010186
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Darussalam 45
Mata
Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/semester : VII / I
Waktu : 2 x 40
menit
I. STANDAR
KOMPETENSI
3. Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
II.
KOMPETENSI DASAR
3.3 Melagukan tembang “Dolanan” sesuai titi larasnya.
III. INDIKATOR
3.1.1 Mampu mendengarkan alunan tembag dolanan dengan hitmat dan meniti titi larasnya.
3.1.2 Mampu menembangkan tembang dolanan secara
bersama-sama, bergiliran dan berkelompok.
3.1.3 Mampu
menembangkan tembang dolanan di depan kelas.
3.1.4 Mampu mengungkapkan isi tembang dolanan.
IV.
HASIL BELAJAR
Setelah PBM diharapkan siswa dapat:
1.
Mendengarkan tembang dolanan dengan hhitmat dan meniti
titi larasnya
2.
Menembangkan tembang dolalan secara bersama-sama,
bergiliran dan berkelompok.
3.
Menembangkan tembang dolanan di depan kelas.
4.
Mengungkapkan isi tembang dolanan.
V.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Tembang dolanan dengan titi
larasnya.
Contoh
tembang dolanan
- Lir-Ilir - Mbangun
Negara
- Sluku-sluku Batok -
Kate-kate
- Prau Layar - dan lain-lain
VI.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan.
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a.
Mengkondisikan siswa untuk siap mendengarkan alunan
tembang dolanan dari guru atau kaset.
b.
Siswa meniti laras tembang dolanan yang sedang didengar.
2. Kegiatan inti
a.
Siswa menembangkan tembang dolanan secara bersama-sama.
b.
Siswa menembangkan tembang dolanan secara bergiliran.
c.
Siswa menembangkan tembang dolanan secara berkelompok
di depan kelas.
d.
Siswa menembangkan tembang dolanan di depan kelas.
e.
Siswa menyimpulkan aturan dan isi tembang dolanan.
3. Penutup
a.
Mempresentasikan hasil simpulan tembang dolanan.
b.
Siswa dan guru menarik manfaat tembang dolanan.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.
Buku Paket
2.
Buku Pendukung
3.
LKS.
IX.
PENILAIAN
1. Tehnik : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen : Identifikasi
3. Soal / Instrumen :
Tembangkan tembang dolanan Ilir-ilir,
Sluku-sluku batok dan Mbangun Negara.
NO
|
ASPEK
|
DISKRIPTOR
|
Bobot
|
||
2
|
1
|
0
|
|||
1.
|
Cakepan
tembang dolanan dan titi laras
|
Ketepatan
melagukan tembang dolanan sesuai titi larasnya.
|
|
|
|
2.
|
Panembrama/Koor
|
Ketepaan
menembangkan secara bersama-sama/koor tembang dolanan.
|
|
|
|
3.
|
Bawa
/ solo
|
Ketepatan
menembangkan tembang dolanan masing-masing siswa.
|
|
|
|
4.
|
Tanggapan
isi dan aturan tembang dolanan
|
Ketepatan
menanggapi isi tembang dolanan dan
aturannya.
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria Rubrik:
1. Bobot/skor : 2 = tepat dan jelas
1 = tepat atau jelas (salah satu )
0 = tidak menjawab
2. Rumus Nilai Akhir : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
Srengat, 9 Desember 2009
Guru Pamong Guru
Praktek
Dra. WIJI WINARMI SITI
KHALIMAH
NIM.
200880010186
Tidak ada komentar:
Posting Komentar