RENCANA PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Darussalam 45
Mata
Pelajaran : Bahasa
Daerah (Jawa)
Kelas
/ Semester : VII / I
Waktu : 2 x 40
menit
I. STANDAR KOMPETENSI : 3.
Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
II. KOMPETENSI DASAR : 3.1 Mengungkapkan isi geguritan dengan cara membaca
ekspresif.
III. INDIKATOR : 3.1.1 Mampu
menentukan jeda dalam kalimat geguritan.
3.1.2 Mampu membaca geguritan dengan lafal,
intinasi dan ekspresi secara benar.
3.1.3 Mampu menerangkan isi dan pesan yang
terkandung dalam geguritan.
IV. HASIL BELAJAR :
Setelah
PBM diharapkan siswa dapat:
1.
menetukan jeda dalam kalimat geguritan.
2.
Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan ekspresi
secara benar.
3.
Menerangkan isi dan pesan yang terkandung dalam
geguritan.
V. MATERI PEMBELAJARAN
Cara-cara/teknik
pembacaan puisi (geguritan)
1.
Penentuan jeda
2.
Pelafalan
3.
Intonasi
4.
Ekspresi
5.
Cara menerangkan isi dan pesan geguritan
VI. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pemodelan
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
a.
Mengkondisikan siswa untuk siap dengan cara guru
membacakan sebuah puisi dengan jeda, lafal, intonasi dan eksptresi yang tepat,
siswa memberikan tanggapan.
b.
Seluruh siswa mencoba membaca bersama-sama puisi (geguritan)
yang dilagukan guru.
c.
Seorang siswa maju di depan kelas membacakan puisi
(geguritan)
d.
Siswa membentukk kelompok untuk menerangkan isi dan
pesan yang terkandung dalam geguritan.
e.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pembacaan
geguritan dari segi penetuan
jeda, pelafalan, intonasi dan ekspresi.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa memperhatikan dan mencermati pembacan puisi
(geguritan) dari guru.
b.
Setiap kelompok menerangkan cara menentukan jeda,
pelafalan, intonasi, dan ekspresi dari pembacaan puisi (geguritan) dari wakil
kelompok.
c.
Setiap kelompok berdiskusi memberiakn tanggapan isi dan
pesan geguritan yang dibacakan wakil kelompok.
d.
Setiap siswa wakil kelompok mempresentsikan cara
penentuan jeda, lafal, intonasi dan ekspresi serta hasil tanggapan tentang isi
dan pesan geguritan, kelompok lain menanggapi.
3.
Penutup
a.
Siswa dan guru menyimpulkan cara penentuan jeda,
pelafalan, intonasi dan ekspresi sert menentukan isi dan pesan yang terkandung
dalam geguritan.
b.
Siswa dan guru memetik nilai-nilai dan hikmah kegiatan
pembelajaran geguritan.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.
Buku Antologi Puisi Jawa (geguritan).
2.
Model Pembacaan Geguritan (guru/VCD).
3.
Kaset rekaman pembacaan gegurtian.
4.
Buku Paket/LKS
IX. PENILAIAN
1.
Teknik : Unjuk Kerja
2.
B entuk Instrumen : Tes Identifikasi (praktek
di depan kelas).
3.
Soal/instrument :
a.
Tentukan jeda, cara pelafalan, intonasi dan ekspresi pembacaan gegurtian “Wong
Jawa”.
b.
Terangkan isi dan pesan yang terkandung dalam geguritan “Wong Jawa”!
c.
Bacalah geguritan “Wong Jawa” dengan penuh ekspresi!
Rubrik Penilaian:
NO.
|
ASPEK
|
DISKRIPTOR
|
Bobot
|
||
2
|
1
|
0
|
|||
1.
|
Penulisan
|
Ketepatan menemukan atau
mementukan jeda dalam puisi/gegurtian “Wong Jawa” yang dibaca.
|
|||
2.
|
Pelafalan
|
Ketepatan menemukan atau
menentukan lafal dalam pembacaan geguritan.
|
|||
3.
|
Intonasi
|
Ketepatan menemukan atau
menentukan intonasi dalam pembacaan geguritan.
|
|||
4.
|
Ekspresi
|
Ketepatan berekspresi sesuai
isi dan pesan geguritan
|
|||
5.
|
Tanggapan isi dan pesan
gaguritan
|
Ketepatan menyimpulkan isi dan
pesan geguritan yang telah dibaca.
|
Keterangan: Kriteria Rubrik:
1. Bobot/Skor : 2 = tepat dan jelas
1 = tepat atau jelas ( slah satu )
0 = tidak menjawab
2. Rumus Nilai Akhir :
Skor Perolehan x
100
Skor
Maksimal
Contoh:
1. 10 x
100 = 100 2.
8 x
100 = 80
10
10
Srengat,
18 Nopember 2009
Guru Pamong Guru
Praktek
Dra. WIJI WINARMI SITI
KHALIMAH
NIM:
200880010186
RENCANA PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Darussalam 45
Mata
Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas
/ Semester : VII/ I
Waktu : 2 x 40
menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3.
Membaca ragam teks sastra dan non sastra dengan berbagai teknik.
II. KOMPETENSI DASAR
3.2
Menemukan pokok peieran dengan cara membaca cepat minimal 50 kata per menit.
III. INDIKATOR
3.2.1
Mampu membaca cepat minimal 50 kata per menit.
3.2.2
Mampu menghitung jumlah kata yang diperoleh
3.2.3
Mampu menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
3.2.4
Mampu menentukan gagasan pokok setiap paragraph.
3.2.5
Mampu menyimpulkan isi wacana
IV. HASIL BELAJAR
Setelah
PBM diharapkan siswa dapat:
1.
Membaca cepat minmal 50 kat per menit.
2.
menhitung jumlah kata yang diperoleh
3.
Menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
4.
menentukan gagasan pokok setiap paragraph
5.
Minyimpulkan isi bacaan.
V. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Wacana deskripsi tentan “Lingkungan Hidup”
2.
Metode/cara membaca cepat.
3.
Cara menentukan ide pokok paragraph dan isi wacana
VI. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Diskusi
5.
Kompetisi
VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Awal
a.
Mengkondisikan siswa untuk siap membaca cepat.
b.
Mengrahkan siswa untuk menggunakan stop watch / alat
pengukur waktu.
c.
Siswa berkelompok.
2.
Kegiatan Inti
a.
Siswa secara berkelompok membatasi waktu membaca.
b.
Kelompok saling berhadapan yang satu membaca yang lain
menghitung kata sesuai batasan waktu.
c.
Masing-masing anggota kelompok menjawab pertanyaan
bacaan yang dibuat kelompok lain.
d.
Siswa menentukan gagasan pokok dalam setiap pararaf.
3.
Penutup
a.
Siswa dan guru menyimpulkan isi wacana dan cara membaca
cepat.
b.
Siswa dan guru memetik manfaat membaca cepat.
VIII. SUMBER BELAJAR
1.
Buku Paket
2.
Buku Pendukung
3.
LKS
IX. PENILAIAN
1.
Tehnik : Tes tertulis
2.
Bentik Instrumen : Tese Uraian
3.
Soal/instrument :
1.
Bacalah dalam hati bacaan deskriptif “Lingkungan Hidup” di bawah ini dalam
waktu 1 menit.
2.
Hitunglah jumlah kata yang kamu peroleh dalam 1 menit untuk membaca bacaaan
deskriptif tentang “Lingkungan Hidup”
3.
Jawablah 5 pertanyaan bacaan deskriptif tentang “Lingkungan Hidup” ini dengan
tepat.
4.
Tentukan ide pokok/kalimat inti setiap paragraph.
5.
Simpulkan isi wacana dengan menggunakan bahasamu sendiri.
NO.
|
ASPEK
|
DISKRIPTOR
|
Bobot
|
||
2
|
1
|
0
|
|||
1
|
Kecepatan membaca
|
||||
2
|
|||||
3
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar